Buku Pertanian Paling Diminati

Sabtu, 9 Januari 2010 19:29:04 - oleh : admin

Perkembangan sebuah desa sangat ditentukan oleh kapasitas sumber daya manusianya (SDM). Ini pula yang mendasari Pemerintah Desa (Pemdes) Duren Sewu, Kecamatan Pandaan mendirikan perpustakaan umum di desanya.

Kepala perpustakaan setempat Suwarso menyatakan, pembangunan perpustaan itu merupakan hasil kerjasama dengan Provinsi Jatim. "Agustus lalu (2009) ini mulai ada," kata lelaki yang juga kepala urusan (Kaur) keuangan desa setempat ini.

Kala itu lanjutnya, provinsi memiliki program pengadaan perpusatakaan untuk beberapa desa di kabupaten. Untuk merealisasikan program ini, masing-masing desa yang dimaksud hanya diminta menyiapkan sarana fisik.

Sejak itulah, ruangan berukuran 3 meter x 4 meter yang sebelumnya difungsikan sebagai ruangan data itu disulap menjadi ruangan perpustakaan. Lengkap dengan meja dan rak buku. "Fisiknya kami, buku-bukunya dari provinsi," terang Suwarso.

Ia menjelaskan, selain Duren Sewu, program tersebut juga diberikan kepada empat desa lain. Yakni, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Purwosari; Desa Nongkojajar, Kecamatan Tutur dan Desa Pasrepan, Kecamatan Pasrepan.

Dari pengamatan Radar Bromo, meski hanya perpustakaan umum desa, koleksi buku perpustakaan ini cukup lengkap. Mulai sejarah, geografi, teknologi dan budidaya pertanian, sastra, cerita anak dan beberapa koleksi lainnya.

Menurut Suwarso, hingga saat ini total buku yang ada di perpustakaan tersebut mencapai 1.000 eksemplar yang terdiri dari 500 judul. Di antara ratusan judul buku itu, buku tentang pertanian dan cerita anak adalah yang paling banyak diminati. Pembacanya pun bukan hanya mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Tapi juga masyarakat umum.

"Kebanyakan ibu-ibu juga sering kemari," jelas Suwarso di sela kesibukannya itu. Menurutnya, sementara ini proses peminjaman buku hanya dikhususkan kepada warga setempat. Selain untuk memudahkan pengawasan, juga untuk meningkatkan minat baca.

Namun tidak menutup kemungkinan, beberapa waktu mendatang kesempatan yang sama akan diberikan kepada warga dari desa lain. Karena itu, ke depan pihaknya berencana menambah koleksi buku di perpustakaan tersebut. (jawapos.com)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Seputar Pandaan" Lainnya