Curi Perhiasan Majikan, Dilaporkan Polisi

Rabu, 18 Agustus 2010 16:13:05 - oleh : admin

Meningkatnya kebutuhan ekonomi terkadang membuat orang nekat. Seperti yang dilakukan Tri Utami, 28. Demi mencukupi kebutuhannya, ia nekat mencuri perhiasan majikannya, Sa'adah. Akibatnya, ia dijebloskan ke Mapolsek Pandaan.

Kapolsek Pandaan AKP Arief Budi Sayogo saat mendampingi Kapolres Pasuruan AKBP Sahardiantono membenarkan peristiwa itu. Menurutnya, aksi pencurian yang dilakukan tersangka sebenarnya sudah berlangsung lama. Sekitar sebulan silam. "Namun, karena tak juga dikembalikan, akhirnya dilaporkan kemari," terangnya.

Peristiwa pencurian itu sendiri terjadi saat korban yang tinggal di Jl Niaga sedang keluar rumah. Saat itu, pelaku sendirian di rumah korban. Menjelang siang, korban kembali dan bermaksud menjual perhiasannya. Namun alangkah kagetnya korban, sebab seperangkat perhiasannya raib.

Beberapa hari kemudian, korban mendatangi rumah pelaku yang berada di Dusun Patebon, Desa Kabunwaris. Maksudnya untuk menanyakan keberadaan perhiasan yang disimpan di lemari miliknya itu.

Upaya itu membuahkan hasil. Pelaku yang sudah lama ikut dirinya itu mengaku telah mengambilnya. Bahkan pelaku mengaku telah menjual perhiasan tersebut. "Katanya dijual di pasar Bangil," terang Kapolsek di sela kesibukannya kemarin.

Meski begitu, korban berusaha memaafkan tersangka dengan memberi kesempatan untuk mengembalikan uang hasil penjualan perhiasan itu. Namun, hingga waktu yang ditentukan pelaku tak juga mengembalikannya. Akhirnya korban pun melaporkannya ke Mapolsek Pandaan.

Petugas yang mendapat laporkan itu kemudian bergerak. Pekan lalu, pelaku yang sehari-hari bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) itu ditangkap di rumahnya. "Ya sudah. Setelah ada laporan, langsung kami tangkap," jelas Kapolsek kepada Radar Bromo.

Polisi sendiri tak ingin berlama-lama mengusut kasus itu. Usai menyelesaikan berkas perkaranya, petugas menyerahkannya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangil untuk diajukan ke pengadilan. Ia dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian.(jawapos.com)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Kriminal" Lainnya