Gagas Sister School dengan Thailand-Malaysia

Kamis, 30 September 2010 07:07:52 - oleh : admin

Ada yang terasa berbeda saat berkunjung ke SMPN 1 Pandaan, kemarin (28/9). Saat itu, beberapa wajah asing terlihat di sekolah yang berada di Kelurahan Kebonwaris, Kecamatan Pandaan itu.

Ya, lembaga yang merintis sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) itu kini sedang kedatangan tamu istimewa. Mereka adalah perwakilan lembaga pendidikan di luar negeri. Di antaranya, dari Malaysia dan Thailand. Kedatangan mereka ini untuk melakukan penjajakan atas program sister school oleh kedua negara.

Beberapa perwakilan itu bernama Mr Preecga Noonoi, Kepala sekolah Phichai Rattanakhan School di Thailand. Lalu, Tuan Haji Ramlidin, Kepala sekolah di Penang Free School. Keduanya disambut Kepala sekolah SMPN 1 Pandaan, Hisyam dan beberapa dewan guru.

Hisyam menyatakan, kedatangan tamu istimewa itu dalam rangka kerja sama kedua belah pihak. Terutama, yang dengan program sister school, sebagaimana yang dilakukan lembaganya dengan beberapa sekolah di negeri lain. "Ini yang pertama kalinya mereka datang," katanya.

Hisyam mengemukakan, pelaksanaan program itu sendiri dilakukan dalam bentuk pertukaran pelajar yang akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Nah, selama mengikuti program itu, masing-masing siswa yang dikirim akan ikut dalam proses belajar-mengajar yang berlangsung di masing-masing sekolah.

Selain terjalin kerjasama antar lembaga di negara yang berbeda, diharapkan para siswa yang dikirim itu juga mengetahui bagaimana metode belajar di masing-masing negara tersebut. Yang menarik, pelaksanaan program tersebut bukan hanya membawa misi pendidikan semata.

Di luar itu, pengenalan kebudayaan juga menjadi misi para siswa yang menjadi delegasi program ini. Sebut saja rencana pengiriman sejumlah siswa SMPN 1 Pandaan ke Thailand, Desember mendatang. Menurut Hisyam, selain mengikuti kegiatan belajar di lembaga setempat, para siswa itu juga diminta mememperkenalkan kebudayaan dari negerinya. "Mereka akan diminta mempresentasikan kebudayaan kita di sana," jelasnya. Karena itu, sebelum mereka diberangkatkan, para siswa itu akan mendapat pembekalan. Terutama, , yang menyangkut kebudayaan Indonesia, khususnya Pasuruan.

Sementara itu, penjelasan serupa juga disampaikan Bambang H., Humas SMPN 1 Pandaan. Selain dengan Thailand dan Malaysia, program tersebut juga telah ia jalankan dengan beberapa lembaga di negara lain. Seperti Victor Harbor High School di Australia dan Singapura. "Ke depan, program ini akan terus kami gagas dengan negara-negara lain," jelasnya. (jawapos.com)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Pendidikan" Lainnya