Bromo Kembali Meletus Mayor Selama 1.537 detik

Rabu, 29 Desember 2010 09:31:47 - oleh : admin

Erupsi Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, masih berlangsung. Pada Selasa (28/12) dini hari terjadi dua kali letusan yang memuntahkan material vulkanis tebal bertekanan kuat disertai lava pijar.

Letusan pertama cukup besar atau mayor berdurasi 1.537 detik. Sejak statusnya turun dari awas menjadi siaga pada Senin (6/11), erupsi terus berlangsung. Hujan abu tebal material vulkanis berupa pasir halus, pasir kasar, asap, dan lapili menghujani daerah disekitarnya. Ketebalan abu di sejumlah desa di Kecamatan Sukapura sepekan lalu mencapai 30 sentimeter.

Bahkan, letusan kuat memuntahkan material vulkanis yang tertiup angin ke arah barat atau ke wilayah Kabupaten Pasuruan dan Malang. Ketika angin bertiup ke utara dan timur, abu sampai ke Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Jember, dan Lumajang. Abu Bromo juga sampai ke Surabaya dan Madura.

Mulyono, petugas pengamat Gunung Bromo di Pos Pantau Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, kepada mediaindonesia.com mengatakan sudah mengirim surat tembusan kepada Departemen Perhubungan agar mengkaji ambang batas abu vulkanis Bromo guna keamanan penerbangan dari dan ke Bandara Juanda, Surabaya. (OL-01)(mediaindonesia.com)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya