Tosari Tujuan Wisatawan Saat Ini Untuk Nikmati Bromo

Rabu, 29 Desember 2010 09:34:09 - oleh : admin

Imbauan untuk sementara tidak mengunjungi Gunung Bromo melalui Probolinggo, ternyata menjadi berkah bagi pelaku industri pariwisata di Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Tingkat okupansi hotel dan home stay di kawasan yang berada barat Bromo itu mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan itu disebabkan wisatawan yang sebelumnya sudah terlanjur reservasi di hotel-hotel dan home stay di Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo beralih ke Tosari.

Perlu diketahui industri pariwisata di Cemorolawang memang beberapa hari ini lumpuh. Hotel maupun home stay diselimuti abu yang cukup tebal sehingga memaksanya untuk tidak menerima wisatawan.

"Tingkat okupansi hotel dan home stay di Tosari mengalami peningkatan sekitar 70 persen. Itu karena eksodus para wisatawan dari Cemorolawang," kata Ketua Koperasi Wisata Bromo Tengger Sejahtera, Trisno Sudigno kepada detiksurabaya.com, Rabu (29/12/2010).

Sejak Gunung Bromo mulai meningkat lagi aktivitasnya, wilayah Tosari memang tidak begitu terdampak oleh abu Bromo maupun kerikil yang dimuntahkannya. Saat ini hanya terdapat abu tipis dan sisa-sisa pohon-pohon tumbang di sekitar Pegunungan Penanjakan I yang terletak di Kecamatan Tosari.

"Tapi itu sudah dibersihkan dan tidak mempengaruhi geliat wisata di Tosari," imbuh Trisno.

Pria yang juga seorang tokoh masyarakat Tengger Tosari ini juga optimis tingkat okupansi akan terus meningkat hingga menjelang pergantian tahun nanti.

Dalam kondisi seperti saat ini, Tosari merupakan tempat paling ideal bagi wisatawan untuk menikmati indahnya pemandangan Gunung Bromo saat aktivitasnya meningkat.

Selain berada pada jarak aman karena berjarak 10 KM dari Bromo, pemandangan akan semakin indah karena letaknya lebih tinggi. Dari Penanjakan I, Gunung Bromo yang dikelilingi lautan pasir atau kaldera terlihat cukup menawan. Apalagi dengan latar belakang Gunung Semeru yang mengepulkan asap setiap 10-15 menit sekali.(detiksurabaya.com)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya