CPNS Kota Pasuruan Diduga Sarat Manipulasi

Jum`at, 31 Desember 2010 23:41:10 - oleh : admin

Tiga lembaga swadaya masyarakat (LSM), di antaranya adalah Lumbung Informasi Rakyat (LIRA), Front Komunitas Indonesi 1 (FKI1) dan Penyambung Suara Rakyat (Pusar) menilai bahwa hasil kelulusan CPNS Kota Pasuruan tahun 2010 ini, sarat dengan muatan manipulasi dan konspirasi berbagai pihak.

Pihak yang diduga terlibat dalam konspirasi kelulusan peserta CPNS ini, yaitu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pihak pembuat soal dan pengkoreksi hasil tes CPNS Kota Pasuruan, dalam hal ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Adanya konspirasi ini, menurut ketiga LSM itu, lantaran banyaknya peserta CPNS titipan di Kota Pasuruan yang harus diluluskan. Sebab, para peserta CPNS titipan tersebut telah menyetorkan uang, puluhan hingga ratusan juta rupiah kepada calo atau makelar CPNS, tergantung formasi yang menjadi pilihannya.

“Soal berapa jumlah uang yang disetorkan kepada makelar, tergantung dari formasi. Puluhan sampai ratusan juta rupiah, uang yang disetorkan untuk menebus kelulusan itu. Sekarang ini susah mengungkap makelar CPNS, soalnya panitianya yang jadi makelar,” kata Sul Hendri, Ketua LIRA Kamis (30/12/2010).

Data yang dihimpun beritajatim.com, jumlah kuota CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan tahun 2010 ini, sebanyak 218 kursi. Yakni dengan rincian, untuk tenaga pendidikan 54 orang, tenaga kesehatan 50 orang, dan tenaga teknis 114 orang. [bec/but](beritajatim.com)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya