Lima Butir Kesepakatan Pascapenyerangan Ponpes Yapi

Rabu, 16 Februari 2011 17:46:06 - oleh : admin

Seluruh komponen masyarakat menyatakan sangat menyesalkan dan prihatin atas insiden di Yayasan Pesantren Islam (Yapi) di Kenep, Beji, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.

Sikap tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama antara tokoh agama, pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan, serta muspida Kabupaten Pasuruan, setelah mengadakan pertemuan secara tertutup di Pendapa Kabupaten Pasuruan, Selasa (15/2) malam.

Kesepakatan bersama yang disampaikan Wakil Bupati Pasuruan, Eddy Paripurna, Rabu (16/2) dini itu selengkapnya sebagai berikut :

Pertama, menyesalkan, dan prihatin atas kejadian di Pesantren Yapi di Desa Kenep, Kecamatan Beji.

Kedua, meminta kepada aparat penegak hukum untuk memproses kasus tersebut secara objektif dan adil sesuai dengan hukum yang berlaku, serta memerhatikan akar persoalannya.

Ketiga, sepakat menjaga ketenangan dan kondusivitas keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Pasuruan, demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Keempat, meminta kepada para tokoh untuk saling mengendalikan umatnya, agar tidak mudah terpancing isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

Kelima, atas kejadian ini media massa, baik cetak maupun elektronik, diminta agar ikut serta meredam dan menyejukkan suasana di Kabupaten Pasuruan.

Wakil Bupati menjelaskan, kesepakatan bersama yang telah disepakati dan ditandatangani para tokoh agama, pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan, serta muspida Kabupaten Pasuruan akan ditindaklanjuti dengan pertemuan lanjutan khusus bagi warga dan tokoh masyarakat di Bangil.

Pertemuan tertutup yang dipimpin Wakil Bupati Pasuruan, Eddy Paripurna yang pada penghujung acara juga dihadiri Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Badrodin Haiti, serta Kapolres Pasuruan AKBP Syahardiantono, Dandim Pasuruan Letkol Abu Bakar, Kajari Bangil, Widyantioro, dan Ketua PN Bangil, Bagus Irawan.

Sedangkan Tokoh Agama yang hadir di antaranya, Rois Syuriah PC NU Pasuruan KH AD Rachman Syakur, Ketua DPC NU Pasuruan sonhaji Abdussomad, Rois Syuriah PCNU Bangil KH MA Fuady,Ketua PC NU Bangil Syamsul Maarif.

Sementara dari Yapi diwakili Habib Ali bin Umar, salah satu unsur pimpinan. (Ant/OL-12)(mediaindonesia.com)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya