Tari Bujang Ganong di Purwodadi

Senin, 4 April 2011 07:06:20 - oleh : admin

Anak-anak asal Desa Grebo, Kecamatan Purwodadi, tampak begitu mahir saat memainkan tarian Bujang Ganong Senin (28/3/2011). Padahal, usia mereka terbilang masih belia, lantaran sebagian masih ada yang duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Erni Agustino (5), salah satu pemain tarian Bujang Ganong yang kini masih duduk di bangku TK mengatakan, untuk menguasai tarian tersebut, dia pun harus belajar tarian itu sejak usia dini yakni usia 3 tahun. Karena menekuninya sejak lama, bagi dirinya tarian ini adalah seperti sudah menyatu dengannya.

“Seneng main tarian ini, karena belajarnya dari kecil,” terang Erni Agustino, pemain tarian Bujang Ganong kepada beritajatim.com, usai pertunjukan tarian itu dalam rangka penyambutan kedatangan Wagub Jatim Saifullah Yusuf di acara peluncuran program Hutan Asuh Berbasis Kewirausahaan oleh PT HM Sampoerna di Desa Jatiarjo, Prigen.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Kesenian Desa Grebo Suwarno menuturkan, saat ini terdapat sekitar 12 anak-anak di desanya yang tekun mempelajari kesenian tari, termasuk reog Ponorogo. Selain untuk melestarikan budaya leluhur, mengajari anak-anak seni tari juga bertujuan untuk mengurangi kenakalan remaja.

“Dengan mempelajari tarian tersebut, setidaknya kesenian yang kita miliki terus dapat lestari. Daripada diakui negara lain, lebih baik kita lestarikan dengan mengajarkannya kepada anak-anak. Karena mengajari anak-anak lebih mudah,” tutur Suwarno, Ketua Paguyuban Kesenian Desa Grebo. [bec/but](beritajatim.com)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya