English Telling Story Competition SD/MI

Sabtu, 27 Maret 2010 15:03:00 - oleh : admin

Kemampuan menggunakan bahasa Inggris sepertinya benar-benar sudah menjadi tuntutan. Setidaknya, itu pula yang melatarbelakangi digelarnya English Telling Story Competition bagi siswa SD/MI.

Sedikitnya, 75 peserta ikut meramaikan kegiatan yang berlangsung di lapangan futsal SD Inovatif Maarif, Kelurahan Jogosari, Kecamatan Pandaan, kemarin (24/3). Mereka merupakan perwakilan SD/MI se-wilayah Kabupaten Pasuruan. Dari jumlah ini, nantinya akan diambil 10 peserta terbaik.

Ketua panitia Whendi Widianto menyatakan, kegiatan yang digelar Kelompok Kerja Guru (KKG) bahasa Inggris Kecamatan Pandaan ini merupakan kali kedua. Diharapkan, melalui kegiatan itu bahasa Inggris menjadi lebih digemari di kalangan masyarakat. Tertama anak-anak.

"Bagaimanapun juga, saat ini bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan," katanya di sela kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB itu. Selain itu, para guru mampu mengukur kemampuan peserta didiknya melalu kegiatan itu. Terutama, dalam penggunaan bahasa asing tersebut.

Karena itu, Whendi menyatakan akan menggelar acara itu secara berkala. Terlebih dari pengamatannya, para peserta antusias mengikuti kegiatan itu. "Harapannya begitu. Rencananya tiap tahun kita gelar," terangnya.

Sementara penjelasan serupa disampaikan M. Arif, panitia yang lain. Selain dua hal tersebut, kegiatan itu menurutnya sebagai upaya untuk menyiapkan generasi muda menyongsong era globalisasi. "Kalau mau terlibat di dalamnya, harus ditunjang dengan kemampuan bahasa Inggris yang cukup," jelasnya.

Dirinya lantas menuturkan, ada beberapa kriteri penilaian yang diterapkan dalam kegiatan itu. Meliputi, penguasaan materi yang disampaikan, penampilan, ekpresi dan beberapa kriteria yang lain. "Masing-masing peserta kami batasi lima menit," terangnya di sela kegiatan itu.

Dari pengamatan Radar Bromo, acara itu sendiri berlangsung cukup meriah. Selain para guru, sejumlah orang tua siswa hadir untuk memberikan dukungan kepada putra-putrinya. (jawapos.com)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Pendidikan" Lainnya